"MELAYANI DENGAN JUJUR, IKHLAS, DAN SEPENUH HATI"

Artikel

NILAI - NILAI

31 Maret 2023 01:26:02  Administrator  339 Kali Dibaca 

====== NILAI - NILAI ======

Nilai-nilai adalah suatu rumusan yang dijunjung tinggi oleh sebuah kesatuan masyarakat dalam perjalanan mewujudkan visi seperti saat ini yang sedang dilakukan oleh pemerintah desa dan seluruh warga masyarakat desa Romben Rana. Dengan kata lain nilai merupakan prinsip sosial, tujuan, ataupun norma yang diterima oleh individu organisasi atau masyarakat.

Nilai memberikan batasan dan tujuan dalam pemilihan dan cara-cara yang ditempuh dalam mewujudkan visi. Atas dasar itu maka tidak semua cara yang dijadikan pedoman antara lain asas kebersamaan, keterbukaan, jujur, adil, demokratis dan dapat dipertanggung jawabkan.

Nilai-nilai tersebut harus terus melandasi jalannya roda pemerintahan sehingga menjadi sebuah Rumusan nilai yang melekat di masyarakat desa dengan karekteristik sebagai berikut :

  1. Transparansi

Transaransi dibangun atas dasar kewajiban dan pemenuhan hak publik antar para pihak, adanya sikap keterbukaan bagi semua pihak yang berkepentingan terhdap informasi seperti informasi kebijakan pemerintah desa, keterlibatan Proses-proses pengelolaan pemerintahan dan lain sebagainya memberikan suatu gambaran pengelolaan pemerintahan dengan akses keterbukaan informasi yang cukup.

  1. Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggung jawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau kewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggung jawaban. Para pembuat keputusan dalam pemerintah, sektor swasta dan masyarakat bertanggung jawab kepada publik dan lembaga-lembaga yang berkepentingan. Akuntabilitas ini tergantung pada organisasi dan sifat keputusan yang dibuat, apakah keputusan tersebut untuk kepentingan internal atau eksternal organisasi.

  1. Demokratis

Demokratis dalam arti masyarakat desa diberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapat, berbeda pendapat dan menerima pendapat orang lain. Akan tetapi apabila sudah menjadi keputusan harus dilaksanakan bersama-bersama dengan penuh rasa tanggung jawab.

  1. Partisipatif

Setiap warga masyarakat Romben Rana mempunyai suara dalam pembuatan keputusan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perantara lembaga yang mewakili kepentingannya. Partisipasi tersebut dibangun atas dasar kebebasan berasosiasi dan berbicaara serta berpartisipasi secara konstruktif. Prinsip pembangunan partisipatif ini adalah dari, oleh, dan untuk rakyat. Oleh karenanya rakyat harus dilibatkan dalam setiap proses pembangunan yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan seterusnya.

  1. Profesional

Bagi pemerintah desa Romben Rana dalam melayani kepentingan dan kebutuhan masyarakat dan desa harus mengerjakannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, jujur, disiplin, konsisten, terbuka terhadap kritik dan saran dalam rangka perbaikan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

  1. Keadilan

meliputi semua aspek kehidupan bermasyarakat di Desa Romben Rana yang dalam pengelolaannya memperhatikan aspek-aspek prioritas yang paling mendesak tanpa mengesampingkan pemerataan pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, insfrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya.

  1. Kesetaraan dan Keadilan Gender

Seluruh warga masyarakat desa Romben Rana mengesampingkan orientasi seksual dalam peranannya di kehidupan bermasyarakat, membatasi kesenjangan-kesenjangan, dan menghilangkan stereotip dan kelas-kelas tertentu di kalangan masyarakat

  1. Egaliter

Seluruh warga masyarakat desa Romben Rana mengakui bahwa pada dasarnya setiap orang mempunyai posisi dan berkedudukan yang sama.

  1. Kelestarian Lingkungan

Seluruh warga masyrakat desa Romben Rana berkewajiban menciptakan situasi dan kehidupan sosial yang lesatri, guyub, rukunn, gotong royong dan saling tolong menolong

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Kategori

Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Dungkek No. 80 Desa Romben Rana - Dungkek
Desa : Romben Rana
Kecamatan : Dungkek
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69474
Telepon :
Email : rombenranajaya@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:28
    Kemarin:13
    Total Pengunjung:18.417
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0